RSS

Sambut Paskah, Jemaat Distrik II GKPS Tanam 23 Ribu Pohon di Raya Simalungun

15 Apr

Barita Hun Raya (Simalungundotcom)
sambut paskahSimalungun (SIB)
Menyambut perayaan Paskah, jemaat Distrik II GKPS bekerjasama dengan Pemkab Simalungun melakukan penanaman pohon di kompleks asrama putra/i GKPS di Sondiraya Kec Raya, Simalungun, Kamis (14/4).
Aksi penghijauan itu dihadiri, Ephorus GKPS Pdt Jaharianson Saragih diwakili Pdt Robert J S Sumbayak MTh LM, Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM diwakili Asisten III Halomoan Purba MH, Praeses Distrik II GKPS Pdt Marlan Damanik, sejumlah Pendeta resort serta ribuan jemaat dan kalangan pelajar.
Ephorus GKPS melalui Pdt Robert J S Sumbayak menghimbau setiap jemaat agar mencermati aksi penanaman pohon, jangan dianggap seremonial semata tetapi semua tanaman harus dirawat, dijaga dan dipelihara. Bila ada pohon yang mati diminta supaya kembali ditanam dan tetap berkesinambungan. Ke depan semua pohon yang ditanam diharapkan dapat tumbuh besar membuat suasana lingkungan terasa sejuk, nyaman dan asri.
Selanjutnya penanaman pohon bertujuan untuk mengurangi pemanasan global, mencegah bencana alam seperti banjir, longsor dan kemarau panjang. Menurutnya bila kelak pohon-pohon yang ditanami telah tumbuh besar maka dampak positipnya bukan hanya untuk wilayah Raya tetapi sampai ke seluruh pelosok dunia.
Pdt Robert menerangkan, visi-misi GKPS telah mencanangkan pada tahun 2030, GKPS dapat menjadi Gereja pembawa berkat dan bukan hanya dalam skala internal tetapi secara global. Sedini mungkin, GKPS sudah melakukan berbagai upaya termasuk menggalakkan penanaman pohon demi kelestarian lingkungan.
Mewakili Bupati, Halomoan Purba menyebutkan bahwa Pemkab Simalungun mendukung kegiatan penanaman pohon guna melestarikan lingkungan hidup. Dalam menjaga, merawat dan memelihara lingkungan adalah tugas bersama baik masyarakat, jemaat GKPS maupun pihak pemerintah.
Untuk itu pohon-pohon yang telah ditanami diminta supaya jangan dicabuti atau dipindah tanamkan untuk kepentingan pribadi. Bila ketersediaan bibit pohon masih dibutuhkan katanya, pihak Dinas Kehutanan Simalungun siap menyediakannya.
Sementara Ketua Panitia Pelaksana St Kappi Manson S Sumbayak SP didampingi Wakil Sekretaris Nedi Ivo Saragih mengatakan, aksi penanaman pohon merupakan rangkaian kegiatan Distrik II GKPS dalam rangka menyambut peringatan Paskah. Pada 30 April mendatang, Distrik II juga mengadakan ibadah kebaktian meditatif di pusatkan di GKPS Pdt J Wismar Saragih Pamatangraya. Puncak perayaan paskah 8 Mei 2011, Distrik II mengadakan ibadah Raya (besar) bertempat di SMA Plus Sondiraya.
Sebelum dilakukan penanaman, St Darwis Girsang gelar sosialisasi teknis penanaman pohon sebagai antisipasi terjadinya kematian pasca penanaman. Dikatakan jumlah pohon yang ditanami sebanyak 23.222 batang pohon terdiri dari bebagai jenis yakni, durian, petai, suren/ingul, halibambang dan sengon. Sebagian besar bibit pohon didistribusikan dari KBR Dosni Uhur II Sondiraya. (JMG)

Sumber: Wartawan SIB (JMG)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 15, 2011 in Barita Hun Raya, sambut paskah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: