RSS

Rp210 M untuk Bangun 10 KM Jalan

29 Apr

Barita Hun Raya, Kamis, 28 April 2011

Tahun ini, Pemkab Simalungun melakukan pembangunan jalan sepanjang 10 kilo meter di Kecamatan Raya dengan jumlah anggaran Rp2o0 miliar dari pemerintah pusat, dan Rp10 miliar dianggarkan Pemkab Simalungun untuk ganti rugi lahan warga.
Kepada METRO, Rabu (27/4) Kadis PU Bina Marga Simalungun. Jon Sabiden Purba menjelaskan, pembanguna jalan akan dimulai dari gerbang SKPD di Pamatang Raya hingga ke Raya Bayu. Di mana, lebar jalan yang akan dibangun direncanakan memiliki lebar 17 hingga 25 meter, dan jalan akan dibuat dua jalur dengan median di tengah jalan.
Disebutkannya, jalan yang ada saat ini memiliki lebar sekitar 5 hingga 6 meter. Sehingga, lahan warga di dua sisi ruas jalan akan diambil sekitar 7 meter dengan cara ganti rugi. “Direncanakan rute pelabaran jalan yang akan dibangun, tidak melewati Pasar Pamatang Raya, namun melalui lingkar luar melalui Jalan Kartini,” ujarnya.
Disebutkan Jonsabiden, saat ini tim konsultan independen dari Medan sedang bekerja melakukan pendataan, untuk megetahui ganti rugi yang layak bagi masyarakat sekitar lokasi jalan yang akan dibangun.
Menurutnya, kemungkinan besar bulan Mei akan didapati jumlah pasti nilai ganti rugi lahan milik warga. Dan nilai ganti rugi, akan disosialisasikan kepada masyarakat yang tanahnya terkena pelebaran jalan.
“Program bupati, tahun ini semua rencana harus diselesaikan baik ganti rugi maupun pembangunan jalan. Rencana pembangunan tergantung pada kesiapan Pemkab menyiapkan dan membebaskan lahan,” katanya.
Dia menambahkan, pembangunan fisik jalan dananya berasal dari pemerintah pusat sekitar Rp200 miliar merupakan hasil lobi dari Pemkab ke pemerintah pusat selama ini. Dan rencana ini, juga sekaligus persiapan menjadikan Pamatang Raya sebagai ibu kota Kabupaten Simalungun. “Ganti rugi lahan sudah dipersiapkan Rp10 miliar dan dananya berasal dari APBD 2011. Bagi warga yang ingin tanahnya diganti rugi, diperlukan sertifikat tanah dari BPN atau bukti kepemilikan tanah dari kecamatan,” tegasnya.(ral/spy)

sumber: http://metrosiantar.com/SIANTAR_SIMALUNGUN/Rp210_M_untuk_Bangun_10_KM_Jalan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 29, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: