RSS

Pelebaran Jalan Siantar-Raya Dimulai

24 Mei
Pelebaran Jalan Siantar-Raya Dimulai Cetak E-mail
Selasa, 24 Mei 2011
__



Barita Hun Raya (simalungundotcom)– Pelebaran jalan provinsi dimulai, Bupati Simalungun JR saragih didampingi para kepala SKPD menyaksikan pelebaran jalan dengan menggunakan alat berat milik Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Utara.
Sebelum pengerjaan jalan, digelar doa bersama dibawakan Praeses GKPS Distrik II Pdt Marlan Damanik sebagai ucapan syukur atas dimulainya pengerjaan pelebaran jalan.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPN Simalugun, Kajari dan pihak pengadilan Simalungun.
Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, untuk tahap awal pemkab akan melakukan pembebasan jalan sepanjang 3 km. Pengerjaannya akan dimulai dari gapura simpang kantor bupati hingga simpang perkantoran SKPD. Sementara dana yang disediakan Pemkab untuk ganti rugi pembebasan lahan dan bangunan yang terkena pelebaran jalan lanjut Bupati direalisasikan sekitar Rp4 miliar.
“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan maupun apresiasi sehingga pelebaran jalan ini dapat terlaksana dan telah kita mulai. Hal ini merupakan komitmen saya untuk mempercepat kemajuan Raya ini yang merupakan ibukota Kabupaten Simalungun,” katanya.
Sementara Kepala UPT Dinas PU Bina Marga Provinsi Suimatera Utara Wilayah Pematang Siantar Ir Marlindo Harahap yang merupakan pelaksana teknis pengerjaan pelebaran jalan mengatakan, pengerjaan pelebaran jalan dengan panjang 3 kilometer akan selesai selama 20 hari. Proses pengerjaannya dengan sistem swakelola dan menelan biaya Rp150 juta untuk upah pekerja dan bahan bakar alat berat. “Yang saat ini kami lakukan adalah membuat pembatas jalan dan saluran drainase, jalan ini jika diukur dari poros jalan yakni dengan lebar 10 meter baik di sisi kiri maupun kanan sehingga lebar jalan ini nantinya menjadi 20 meter,” katanya.
**Ganti Rugi Diciairkan
Sejumlah masyarakat yang tanah dan bangunannya terkena pelebaran jalan tampak mendatangi kantor Pangulu Sondi Raya untuk mencairkan biaya ganti rugi.
Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Rizal P Saragih AP MSi kepada METRO membenarkan adanya pemberian ganti rugi kepada warga. Dijelaskannya ganti rugi yang diberikan yakni untuk tanah kosong sebesar Rp100 ribu per meter persegi. Sementara untuk bangunan kategori semi permanen diberikan Rp800 ribu per meter persegi dan untuk kategori permanen diberikan Rp1 juta per meter persegi.
Menurutnya hal tersebut merupakan keputusan dan mufakat bersama antara pemkab dan masyarakat dan telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2006 tentang pengadaan tanah untuk kepentingan umum. “Dalam rapat dengan masyarakat kemarin ada salah satu masyarakat yang minta sisa tanahnya bisa dibantu untuk diberikan sertifikat, karena itu Pemkab Simalungun pasca pelebaran jalan ini akan memfasilitasi agar sisa tanah tersebut dapat disertifikatkan BPN,” katanya. (hot/leo)

Sumber: http://metrosiantar.com/SIANTAR_SIMALUNGUN/Pelebaran_Jalan_Siantar-Raya_Dimulai

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 24, 2011 in Uncategorized

 

One response to “Pelebaran Jalan Siantar-Raya Dimulai

  1. Tom_Jakarta@Jejak Batak

    Oktober 14, 2011 at 9:00 am

    Horasssss….!!!!! Kab Simalungun, Aku berasal dari Simpang Raya Dasma dan sekarang tinggal di Jakarta. Aku bangga saat membuka situs ini ternyata perkembangan pembangun di simalungun sudah lumaya maju, ayo terus lanjutkan. Jadikan simalungun jadi kota idaman, seperti kota siantar yang namanya terkenal kemana-mana.
    saatnya kita berkata ” Majulah Simalungunku ” dan cepatlah Dewasa.

    Tomi Situmorang

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: